Truk Biodiesel Mitsubishi FUSO Konsumsi BBM B30

  • Whatsapp

Pemakaian bahan bakar B30 yang merupakan campuran dari biodiesel 30% dalam bahan bakan solar sudah diimplementasikan sejak tahun 2020. Sebelumnya Kementerian ESDM sudah melakukan pengujian terhadap jenis bahan bakar B30 menggunakan sejumlah kendaraan komersial serta penumpang. Setelah menerapkan road test diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan bahan bakar B30 terbilang aman untuk kendaraan bermesin diesel termasuk truk terbaik Mistubishi Fuso.

Read More

PT KTP sebagai distributor kendaraan resmi Mitsubishi di Indonesia merupakan salah satu pabrik otomotif yang mendukung pengujian bahan bakar tersebut. PT KTB memberikan satu unit produk mereka untuk diikutsertakan dalam pengujian bahan bakar B30 yakni Mitsubishi Canter.

Untuk lebih mengetahui secara detail tentang penerapan bahan bakar B30, yuk kita simak ulasan dibawah ini.

Pengujian Bahan Bakar B30 Mitsubishi Canter

Presiden Jokowi sudah meresmikan program penggunaan biodiesel B30 pada salah satu SPBU di Jakarta. Indonesia menjadi negara pertama di dunia dalam hal penerapan biodiesel B30. Penggunaan B30 ini menggantikan bahan bakar B20 yang sebelumnya resmi diimplementasikan di tahun 2018. Negara tetangga misalnya Thailand mulai mengembangkan B20, sedangkan Malaysia baru menerapkan B10.

Peningkatan penggunaan biodiesel pada campuran solar dari 20% menjadi 30% juga disertai dengan meningkatkan kualitas mutu biodiesel yang dipakai.

Hasil uji jalan bahan bakar B30 yang diterapkan sepanjang tahun 2019 menunjukkan bahwa tidak terdapat dampak signifikat antara pemakaian B20 dan B30. Disamping itu, juga dilakukan uji start-ability pada dataran tinggi Dieng yang menunjukkan bahwa kendaraan bisa dihidupkan dengan norma sesudah didiamkan hingga 21 hari menggunakan B30.

Pada dasarnya, program B30 dapat menurunkan ketergantungan negara Indonesia terhadap aktivitas impor minyak. Program ini menjadi bentuk komitmen negara Indonesia pada Paris Agreement untuk menurunkan emisi gas rumah kaca hingga 26% di tahun 2020.

Komposisi Bahan Bakar B30

Menurut teknis, B30 adalah komposisi campuran biosolar yang dipakai konsumen di Indonesia. Komposisi ini mengandung campuran 70% minyak solar dan 30% biodiesel lalu menghasilkan bahan bakar biosolar B30. Biodiesel yang digunakan berasal dari proses reaksi (transesterifikasi) minyak mentah sawit yang berubah menjadi B100 atau FAME.

Produk campuran ini hampir mirip seperti solar murni, dengan demikian dapat dipakai sebagai bahan bakar diesel, misalnya mesin pembangkit listrik atau kendaraan.

Menurut penuturan dari Kementerian ESDM, bahan bakar B30 bisa menjadikan daya mesin kendaraan menurun sampai 1.7 %, namun ada pula yang meningkat sampai 1.6 %. Penurunan ini tergantung dengan jenis diesel yang sebelumnya memakai B20.

Bagi para konsumen diharapkan tidak perlu merasa khawatir sebab produk Mitsubishi Fuso sudah lulus uji coba dalam road test B30. Disamping itu, fitur kendaraan Colt Diesel double fuel filter juga memastikan penyaringan bahan bakar yang lebih baik untuk memaksimalkan proses pembakaran.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *