Persiapkan Hal-hal Ini Sebelum Melakukan Konsultasi Kesehatan Secara Online

  • Whatsapp

Telemedicine atau pemeriksaan kesehatan secara online yang sedang tren beberapa tahun terakhir memudahkan masyarakat untuk mengetahui kondisi mereka secara cepat. Selain mengurangi biaya yang dikeluarkan, telemedicine membuat masyarakat dapat memakai asuransi kesehatan pribadi berdasarkan risiko yang mereka hadapi.

Read More

Kemudian, untuk menerima hasil pemeriksaan akurat, dr. Vito A Damay, Sp. JP(K), M.Kes, FIGA, FICA, FasCC yang telah menangani konsultasi online selama enam tahun terakhir menyarankan Anda untuk mempersiapkan hal-hal berikut:

  • Sediakan catatan riwayat terakhir

Langkah ini dilakukan apabila Anda belum pernah melakukan telemedicine karena akan sangat membantu dokter dalam menganalisis keluhan yang dialami. Pasalnya, sebagian besar konsultasi online yang tersedia di aplikasi memberlakukan pembatasan waktu yang lebih singkat dibandingkan pemeriksaan langsung. Katakan pemeriksaan apa saja yang sudah dialami, terutama yang berkaitan dengan gangguan. Tanpa catatan riwayat yang pasti, Anda tak akan mendapatkan diagnosis yang tepat dan membuat dokter bingung saat menentukan pengobatan.

  • Jelaskan keluhan sedetail mungkin

Berkaitan dengan poin sebelumnya, keluhan yang Anda ceritakan kepada dokter harus mendetail. Sebagai contoh, saat Anda merasakan pusing, jelaskan seperti apa pusing yang dialami. Apakah berputar, berdenyut kencang, atau berlangsung cukup lama. Pasalnya, pusing dapat menandakan gejala dari penyakit serius. Jika telemedicine dilakukan dengan video call atau layanan sejenis, Anda bisa menunjukkan bagian tubuh yang mengalami keluhan, sehingga dokter akan mudah dalam mendiagnosisnya.

  • Hindari self-diagnose (diagnosis sendiri)

Salah satu kebiasaan buruk yang masih dilakukan masyarakat adalah self-diagnose bermodalkan informasi yang mereka peroleh dari internet. Biarkan dokter yang menentukan, karena setiap orang memiliki riwayat kesehatan berbeda. Selain itu, self-diagnose sangat membahayakan, sebab Anda berpotensi salah mengonsumsi obat atau mengambil tindakan medis lainnya. Jangan takut juga dengan diagnosis yang nantinya dikeluarkan dokter. Bagaimanapun, mereka adalah pihak yang paling memahami kondisi kesehatan Anda.

  • Tidak semua penyakit dapat ditangani

Walau praktis, telemedicine bukan jalan keluar dari semua penyakit. Keterbatasan ruang dan waktu dalam konsultasi ini membuat penyakit yang lebih berat tak bisa didiskusikan dengan dokter. Jadi, kalau ada dokter yang menyarankan Anda untuk melanjutkan pemeriksaan ke rumah sakit, segera ikuti supaya Anda memperoleh diagnosis yang akurat. Oleh karena itu, telemedicine lebih dianjurkan untuk penyakit ringan yang penanganan dan obat-obatnya dapat dibeli tanpa membutuhkan resep dokter.

  • Memanfaatkan alat pemeriksaan

Alat pemeriksaan dalam hal ini adalah alat pengukur tekanan darah (tensi) dan kadar oksigen darah. Produk kesehatan tersebut bisa Anda beli di toko peralatan medis terpercaya. Prosedur penggunaan yang relatif mudah pun membantu Anda mendapatkan gambaran tepat sehubungan kondisi Anda. Jadi, dokter bisa melanjutkan diagnosis dan memberikan obat yang sesuai. Hindari pembelian alat pemeriksaan atau kesehatan yang membutuhkan tenaga medis atau dokter untuk memakainya untuk mencegah kesalahan.

  • Pelajari profil dokter dan aplikasi

Maraknya aplikasi yang menyediakan telemedicine kian memudahkan Anda memilih layanan yang dibutuhkan. Namun, cek dulu profil dokter yang terlampir, karena ada beberapa kasus yang melibatkan oknum-oknum yang mengaku sebagai tenaga medis profesional. Hal ini tentu akan membahayakan kesehatan Anda. Kemudian, periksa tarif dan durasi pemeriksaan yang tercantum di aplikasi sebelum menentukan pembayaran yang sesuai.

Semoga informasi ini memudahkan Anda melakukan pemeriksaan kesehatan bersama dokter-dokter profesional secara online. Khususnya di tengah masa pandemi yang membuat masyarakat tak dapat leluasa ke rumah sakit secara leluasa.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *