Gambaran Mengenai Kengerian Neraka

Sebagai umat muslim pastinya kita sudah mengathui bahwa pada akhirnya nanti manusia akan berakhir diantara surga dan neraka. Jika apa yang kita lakukan selama hidup ternyata cukup baik maka kita bisa dengan nyaman hidup di surgaNya Allah. Tapi bagaimana jika amalan yang kita lakukan ternyata kurang baik ? Tentunya sudah pasti nerakalah yang akan menjadi tujuannya.

Read More

Tetapi apakah kalian sudah mengetahui tentang gambaran neraka dan segala kengerian yang ada didalamnya ? Didalam alquran dan hadits sudah banyak sekali dijelaskan mengenai gambaran seperti apa neraka itu. Jika kalian sudah sering membaca alquran pasti kalian tidak akan mampu membayangkan bagaimana jika harus hidup di tempat semengerikan itu.

Simaklah beberapa gambaran mengenai neraka menurut apa yang dijelaskan didalam Alquran berikut ini :

1. Bentuk

Digambarkan bahwa bentuk neraka terlihat seperti tikar yang sangat luas. Hal ini dijelaskan dalam hadits dari uqban bin Amar yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda : “Neraka ditampakan kepadaki, lalu sesuatu datang mendakatiku, aku takut dia akan menutupi kalian, lalu aku berkata ‘Tuhan akua da bersama mereka’ lalu Tuhan menggeser ‘Dia (neraka) menghilang tapi tampak seperti tikar yang luas.”

2. Luas

Dalam Hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda “Matahari dan bulan (ibarat) vulkanik yang digulung kedalam neraka kelak di hari kiamat.”

Dari hadits diatas kita bisa menarik kesimpulan bahwa luas neraka bahkan jauh lebih besar dibanding dengan Matahari yang bahkan memiliki ukuran 1,3 juta kali lebih besar dari bumi.

3. Kedalaman

Dalam hadits Bukhari, Rasulullah bersabda bahwa “Itu adalah suara batu yang dilempar kedalam neraka sejak 70 tahun lalu, batu itu jatuh dan baru sampai ke dasarnya sekarang.” Dari hadits tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa saking dalamnya neraka bahkan sampai membutuhkan waktu 70 tahun untuk bisa sampai ke dasarnya.

4. Tingkat Panasnya

Dalam hadits Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda “Api kalian (di dunia) merupakan bagian dari 70 bagian api yang ada di neraka jahanam.”

Dari hadits tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa panasnya api neraka masih 70 kali lipat lebih panas dari panasnya api yang kita rasakan di dunia.

5. Asap dan Hawa

Dalam Alquran surat Al Mursalat ayat 30 – 31 dan juga surat Al Waqiah ayat 43 – 44 dijelaskan bahwa asap api didalam neraka memiliki tiga cabang yang berwarna hitam. Asap tersebut juga tidak memiliki hawa yang sejuk dan juga tidak menyenangkan. Bahkan didalam Alquran juga dijelaskan bahwa neraka memiliki angin yang hawanya sama seperti air yang mendidih.

6. Sumber Bahan Bakar

Bahan bakar dari api yang menyala di neraka adalah manusia dan batu. Dalam alquran surat Al Baqarh ayat ke 24 dijelaskan “Jika kamu tidak mampu membuatnya, dan (pasti) tidak akan mampu, maka takutlah kamu akan api neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu, yang disediakan bagi orang – orang kafir.”

7. Suara

Didalam neraka terdapat suara – suara menyeramkan seperti suara gemuruh dan suara yang menggelegak. Hal ini juga dijelaskan didalam Alquran surat Al Mulk ayat 7 dan surat Al Furqan ayat 12.

8. Penjaga

Didalam alquran surat At Tahrim ayat ke 6 dijelaskan bahwa penjaga di neraka kelak adalah para malaikat yang kasar dan keras. Mereka juga diperantahkan oleh Allah SWT untuk selalu mengikuti perintahNya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.