Anak Suka Pilih Makanan? Coba Ikuti 5 Tips Mengatasi Si Picky Eater dari SehatQ.com

anak-suka-pilih-makanan-coba-ikuti-5-tips-mengatasi-si-picky-eater-dari-sehatq-com

Para orangtua pasti pusing mengatasi si kecil yang mengalami susah makan. Mereka enggan mengkonsumsi jenis makanan tertentu atau suka menutup mulut saat hendak disuapi makanan. Tentu Anda pasti khawatir tentang tumbuh kembang si kecil yang mungkin kekurangan nutrisi. Picky eater atau si pemilih makanan harus segera ditangani dengan solusi yang tepat. Anda bisa mencoba tips mengatasi kebiasaan buruk si kecil yang memilih jenis makanan tertentu dari SehatQ.

1. Dilarang memaksa anak untuk makan

Meskipun si kecil menggeleng atau enggan mengkonsumsi jenis makanan tertentu, sebaiknya Anda tidak memaksa anak untuk makan. Anda bisa memberikan makanan yang disukai si kecil lebih banyak, namun tetap memberikan jenis makanan baru. Bisa saja anak enggan mengkonsumsi makanan tertentu karena ia memang tidak suka.

2. Menghilangkan gangguan yang bisa memecah konsentrasi anak

Makan saja perlu konsentrasi, mungkin Anda berpikir begitu. Namun, tahukah Anda bahwa pemicu atau gangguan konsentrasi saat makan bisa menghilangkan minat anak pada makanan? Misalnya Anda suka memberikan makan si kecil sembari menonton televisi, bermain game, bersepeda, dan lain-lain. Agar ia mau menikmati makanan tanpa gejala picky eater, sebaiknya hindari kebiasaan buruk ini.

3. Biarkan anak mencoba eksplorasi makanan

Sesekali Anda harus membiarkan anak untuk melakukan eksplorasi pada jenis makanan baru. Sama seperti orang dewasa kebanyakan, anak tetap memiliki rasa penasaran pada tekstur dan rasa makanan yang baru saja dikenali. Biarkan ia menyentuh makanan agar rasa penasaran terobati. Tentu orangtua tetap harus melakukan pengawasan dan pastikan tangan si kecil dalam kondisi bersih saat menyentuh makanan tersebut.

4. Menyajikan menu variasi baru

Kemungkinan anak menolak makanan karena ia merasa bosan pada jenis makanan yang sama setiap hari. Meskipun suka pada makanan tertentu, Anda tidak boleh menyajikan jenis makanan sama setiap hari. Selain memberikan jenis makanan baru, Anda bisa mencoba menyajikan tampilan menu yang berbeda.

SehatQ merekomendasikan para ibu untuk membuat tampilan makanan lebih bervariasi dan merangsang keinginan makan sang anak. Anda bisa membuat bekal makan siang di sekolah dengan menu yang menarik. Tampilan bento yang lucu bisa saja merangsang nafsu makan si kecil.

Pastikan saja Anda tetap memperhatikan kandungan gizi dengan memasukkan buah dan sayuran. Buat pengemasan yang super unik agar si kecil lebih gemar makan semua jenis makanan tanpa pilih-pilih lagi.

5. Membuat suasana makan lebih menyenangkan

Tips menghilangkan kebiasaan picky eater anak adalah menciptakan suasana makan yang lebih menyenangkan. Usahakan untuk selalu meluangkan waktu makan bersama pada pagi atau sore hari. Melihat perilaku orangtua secara langsung bisa memberikan contoh untuk anak. Kalau Anda saja tidak doyan pada sayuran, maka susah untuk memaksa buah hati mencintai jenis makanan yang sama.

Pola makan teratur menjadi kunci agar anak tidak pemilih dan mengurangi keinginan makan camilan terus menerus. Kenalkan variasi makanan dengan mencoba memberikan pilihan menu tertentu pada anak. Memang butuh kesabaran dalam memperkenalkan variasi makanan yang mungkin tidak disukai si kecil. Namun, Anda tidak boleh menyerah sebab tumbuh kembang si kecil menjadi prioritas utama orangtua.

Buat Anda yang mungkin memiliki masalah kesehatan atau pola makan anak yang kurang baik, bisa berkonsultasi dengan ahli untuk mendapatkan informasi lebih tepat. Tenang saja, Anda bisa menggunakan fitur layanan booking dokter spesialis anak yang kredibel di SehatQ. Anda juga bisa mendapatkan informasi terkait jam praktek di klinik yang dekat dengan rumah. Siapa tahu Anda ingin bertemu langsung untuk konsultasi atau mendapatkan penanganan lebih lanjut. Yuk, cek situs SehatQ.com sekarang juga!

Leave A Reply

Your email address will not be published.