4 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memasang Internet di Rumah

4-hal-yang-perlu-diperhatikan-sebelum-memasang-internet-di-rumah
closeup of a wireless router and a man using smartphone on living room at home ofiice

Di era seperti saat ini, internet menjadi kebutuhan setiap orang dimanapun dan kapanpun. Saat ini banyak kegiatan dan aktivitas sehari-hari yang membutuhkan akses dan teknologi internet, tidak terkecuali ketika Anda berada di rumah. Saat ini ada banyak provider internet yang bisa Anda pasang di rumah Anda beserta layanan-layanan tambahan lain yang bisa Anda pilih seperti layanan add on Indihome.

Memasang internet di rumah

Bagi Anda yang sedang mempertimbangkan untuk memasang internet di rumah Anda, berikut beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih provider internet serta layanan tambahan lainnya yang dibutuhkan.

1. Tentukan budget yang Anda miliki

Ketika memutuskan untuk memasang internet di rumah, maka Anda perlu memikirkan mengenai budget yang perlu Anda keluarkan setiap bulannya untuk layanan internet tersebut. Setiap provider memiliki paket layanan internet dengan harga yang berbeda yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Kisaran harga ini tentu berpengaruh pada kecepatan internet yang Anda dapatkan serta layanan tambahan yang bisa Anda dapatkan dari provider internet tersebut. Agar tidak membebani pengeluaran bulanan, maka sebaiknya tentukan budget yang Anda miliki untuk pemasangan internet ini dan pilih paket internet sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial Anda.

2. Perhitungkan jumlah orang di rumah

Banyaknya jumlah anggota keluarga di rumah Anda akan berpengaruh terhadap pilihan layanan internet yang Anda butuhkan. Jika Anda memasang internet untuk kamar-kamar kost, maka hitung terlebih dahulu ada berapa jumlah kamar kost beserta para penghuninya. Dengan semakin banyaknya anggota keluarga atau orang yang ada di rumah Anda, maka akan semakin banyak orang yang menggunakan fasilitas internet di rumah atau area tersebut.

Dengan orang yang lebih banyak, maka Anda perlu memilih layanan internet dengan kecepatan yang lebih cepat. Hal ini untuk menghindari akses internet yang menjadi lambat karena dipakai oleh terlalu banyak orang. Jadi, sesuaikan layanan internet yang Anda pilih dengan jumlah anggota keluarga yang akan menggunakan internet tersebut.

3. Tentukan penggunaan layanan tersebut

Selain akses internet, biasanya setiap provider internet juga memberikan layanan tambahan untuk para pelanggannya, seperti layanan add on Indihome. Jadi, sebelum memutuskan paket internet yang hendak Anda pilih, tentukan terlebih dahulu apa saja kebutuhan Anda dan untuk penggunaan apa saja layanan internet tersebut akan digunakan. Apakah Anda menggunakannya hanya untuk akses internet, penggunaan TV kabel, atau penggunaan-penggunaan lainnya.

Selain itu, tentukan juga untuk penggunaan apa akses internet tersebut, apakah untuk bermain game online, streaming video, atau penggunaan-penggunaan lain seperti sekedar web browsing atau mengecek sosial media. Penggunaan ini akan berpengaruh terhadap kecepatan internet yang perlu Anda pilih. Kecepatan internet yang Anda butuhkan hanya untuk melakukan web browsing tentu tidak perlu secepat yang Anda butuhkan saat streaming video.

4. Perhitungkan area yang dijangkau internet tersebut

Ketika Anda memilih provider internet untuk rumah Anda, Anda juga perlu bertanya dan memperhitungkan terlebih dahulu sejauh apa area yang terjangkau oleh sinyal internet tersebut, terlebih jika Anda memiliki area rumah yang cukup luas atau bagi Anda yang memasang internet untuk area kamar kos. Pastikan akses internet tersebut menjangkau seluruh area rumah Anda.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan ketika hendak memasang internet di rumah. Saat ini ada banyak pilihan layanan internet lengkap seperti add on Indihome yang bisa Anda pasang di rumah.

Semoga ulasan di atas bermanfaat ya!

Leave A Reply

Your email address will not be published.